Sejarah Android

Posted by Unknown Tuesday 29 April 2014 0 komentar

Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan untuk perangkat mobile berbasis linux, pada awalnya sistem operasi ini dikembangkan oleh Android inc. yang kemudian di beli oleh google pada tahun 2005.

Dalam usaha mengembangkan android, pada tahun 2007 dibentuk Open Handset Alliance (OHA),sebuah konsorsium dari beberapa perusahaan, yaitu Texas Instruments, Broadcom corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, dan T-Mobile dengan tujuan untuk mengembangkan standard terbuka untuk perangkat mobile.

Pada tanggal 9 Desember 2008,ia umumkan bahwa 14 anggota baru akan bergabung  proyek android, termasuk Packet Video,ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc.

Sistem android yang dirilis sebagai berikut :

Android Versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaharuan pada aplikasi, jam alarm, voice search ( pencarian suara ), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5

Terdapat beberapa pembaharuan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, dukungan bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem. Dirilis pada pertengahan Mei 2009.

Android versi 1.6 ( Donut )

Donut ( versi 1.6 ) dirilis pada September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, pengunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galery yang memungkinkan penguna untuk memilih foto yang akan di hapus, camera, camcorder dan galery speed engine, kemampuan dial kontak pengadaan resolusi WVGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Android ini diluncurkan pada 3 Desember 2009. Dilakukan perubahan, yaitu pengoptimalkan hardware, perubahan user interface (UI) dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, peningkatan google Maps 3.1.2 dukungan flash untuk kamera 3.2 MP digital zoom, dan Blurtooth.

Android versi 2.2 ( Froyo )

Pada 20 Mei 2010 kembali diluncurkan ponsel Android dengan Versi 2.2 (Froyo) perubahan yang dilakukan meliputi kecepatan, memori dan kinerja sistem operasi secara keseluruhan, dukungan untuk menginstal aplikasi pada memori eksternal, dukungan adobe Flash 10.1 serta fungsi US tethering maupun Wi-Fi hotspot.

Android versi 2.3 (Gingerbread)

1 Desember 2010 Google kembali meluncukan versi terbaru yaitu Android versi 2.3, pada versi ini terdapat penigkatan manajemen daya, kontrol melalui aplikasi, pengunaan multiple camera, peningkatan peforma serta penambahan sensor seperti gyroscope.

Android versi 3.0/3.1 ( Honeycomb )

Versi ini berbeda dengan versi yang sebelumnya, versi ini dirancang khusus untuk PC tablet sehingga memiliki User interface yang berbeda dan mendukung ukuran layar yang lebih besar, Selain itu pada versi ini memungkinkan para penguna multiprosesor dan akselarasi perangkat keras untuk grafis. SDK versi pertama diluncurkan Februari 2011.

Pada versi selanjutnya adalah Ice cream dan Jelly bean seperti banyak gadget android yang anda semua pakai.

Semoga Bermamfaat..

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah Android
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dasawarnadunia.blogspot.com/2014/04/sejarah-android.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Blogger | Copyright of DASA WARNA.