Dasar Pembangun Aplikasi Android Part 1

Posted by Unknown Tuesday 29 April 2014 0 komentar


Dasar Pembangunann Aplikasi

  • Mengerti Komponen Penyusunan Aplikasi
  • Mengerti Daur Hidup Activity
  • Mengerti Daur Hidup Service
1.1 Komponen Dasar

Aplikasi Android ditulis dalam bahasa pemogroman Java, Java mengomplikasi kode bersama dengan data resources dan file yang dibutuhkan oleh aplikasi dibundel dalam paket Android, file arsip ditandai dengan .apk.

Komponen aplikasi pada android terdiri dari empat komponen utama, yaitu:

Activities

Activities merupakan potongan kode executable yang menyajikan UI secara visual dimulai oleh penguna maupun sistem operasi dan berjalan selama diperlukan, Activities biasanya sesuai dengan tampilan layar, masing masing Activites menunjukan satu layar untuk penguna , Activities yang tidak aktif dijalankan dapat dimatikan oleh sistem operasi untuk menghemat memori.

Services

Services tidak memiliki visual UI ( User Interface ) melainkan berjalan di latar belakang untuk waktu yang tidak terbatas. Contoh dari service  adalah MP3  player yang akan terus memainkan file MP3 sesuai urutan file walaupun penguna mengunakan aplikasi lain

Broadcast Receiver

Broadcast Receiver merupakan komponen yang menerima dan bereaksi unruk menyiarkan pengumuman.banyak siaran berasal dari kode sistem, misalnya penumuman bahwa zona waktu sudah berubah baterai rendah, bahwa gambar sudah diambil atau atau penguna merubah preferensi bahasa, aplikasi juga dapat melakukan siaran misalnya untuk membiarkan aplikasi lain tau bahwa beberapa data telah didownload ke perangkat dan tersedian sehingga dapat digunakan.

Content Provider 

Content Provider diciptakan untuk berbagi data dengan activities lain atau service. Sebuah content provider mengunakan antar muka standard dalam bentuk URL untuk memenuhi permintaan data dari aplikasi lain contoh : content: //contacts/people.

1.2 Daur Hidup Activity

Activity memiliki tiga status dasar

1. Active dan Running 

Status ini ketika Activity berjalan di foreground (dibagian atas stack untuk task ini) Activity yang berkaitan aktif dengan penguna.

2. Pause 

Jika Activity telah kehilangan fokus tetapi masih dapat diliat oleh penguna berarti ada activity lain yang berjalan di atas Activity ini. sebuah Activity yang transparan atau tidak menutupi layar penuh sehingga Activity dalam posisi pause dapat dilihat. Sebuah Activity dalam posisi pause tetap hidup, yaitu android tetap mempertahankan semua informasi dan tetap melekat pada Window Manager hingga akhirnya dapat dimatikan oleh sistem ketika memori sangat rendah.

3. Stop

Activity benar benar berhenti karena ada Activity lain yang memenuhi layar, semua informasi dipertahankan tetapi tidak dapat dilihat oleh penguna sehingga jendela tersembunyi dandapat dimatikan oleh sistem ketika memori dibutuhkan.

Dasar Pembangunan Aplikasi Android Part 2
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dasar Pembangun Aplikasi Android Part 1
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dasawarnadunia.blogspot.com/2014/04/dasar-pembangun-aplikasi-android-part-1.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Blogger | Copyright of DASA WARNA.